Wednesday, February 27, 2013

STMIK AMIKOM Yogyakarta

 
Dunia Information Technology (IT) berkembangan sangat pesat sejak awal dekade kini. Semua aspek dalam kehidupan tidak bisa lepas dari teknologi, mulai dari yang paling sederhana seperti keperluan rumah tangga hingga yang paling kompleks ke dunia bisnis atau pekerjaan. Bahkan pemanfaatan teknologi bisa menjadi kunci sukses dari sebuah usaha.

Peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari bahkan menjadi peran yang vital, dan sangat diperlukan. Teknologi yang awalnya di kembangkan untuk memudahkan manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, semakin nyata dengan banyaknya penemuan-penemuan baru dalam segala bidang, bidang komunikasi, kesehatan, pengolahan data, dan juga bidang-bidang lain yang bersifat vital.

Dengan terus berkembangnya teknologi, seiring dengan semakin kompleksnya kebutuhan manusia untuk mampu bertahan di kehidupan ini, maka kita sebagai SDM generasi muda harus faham, mengerti bahwa perkembangan teknologi ini penting untuk di ikuti, bahkan di pelajari dan kemudian dikembangkan sesuai dengan kebutuhan kita dan orang lain.


Tidak semua orang tahu akan pentingnya mengikuti perkembangan teknologi, kebanyakan dari generasi muda lebih untuk mengikuti trend teknologi tanpa tahu fungsi sebenarnya dari trend yang mereka ikuti. Tidak semua trend itu baik dan patut untuk diikuti, namun semua perkembangan teknologi tidak akan rugi jika selalu diikuti dan dipelajari.

Banyak bidang pekerjaan dewasa ini yang memerlukan SDM yang paham akan Teknologi, bahkan menguasai teknologi demi menunjang ke efisiensian sebuah bidang pekerjaan tersebut untuk menyelesaikan pekerjannya. Tidak bisa sebuah usaha atau pekerjaan tidak mengikuti perkembangan teknologi, atau bahkan tidak paham akan kebutuhan konsumennya yang semakin kompleks, di bidang ini, teknologi berperan sangat penting untuk menyediakan dan mempermudah strategi untuk melayani konsumen dan membuat sebuah usaha semakin maju.

Banyak perusahaan yang mengeluh akan kondisi ini, banyak SDM generasi muda yang cerdas akan teori, pengetahuan dan bahkan pemahaman konsep dari sebuah bidang pekerjaan di perusahaan tersebut. Namun mereka kurang faham akan perkembangan teknologi dan juga pentingnya teknologi untuk mempermudah pencapaian tujuan dari perusahaan atau bidang pekerjaan yang lain. Bahkan bukan hanya kecakapan dalam tekhnologi, keprofesionalitas pekerja dalam pekerjaan juga banyak yang dikeluhkan oleh perusahaan atau bidang usaha. Seolah mereka hanya mengerti konsep tertulis nya, tidak bisa cara mengimplementasikannya dan tidak tahu apa saja yang teknologi bisa lakukan untuk mempermudah usaha mereka.

STMIK Amikom Yogyakarta, sebagai salah satu perguruan swasta terbaik di Indonesia, dan bergerak di bidang Teknologi Informasi (IT) menyediakan apa yang dibutuhkan dan penyelesain dari apa yang dikeluhkan oleh para Perusahaan dan bidang pekerjaan lain tersebut. Berbasis Teknologi informasi komputerisasi dalam pembelajarannya, dan mendidik mahasiswanya dengan pengetahuan teknologi serta pemanfaatannya di dunia kerja.

STMIK Amikom Yogyakarta, dengan visi menjadi perguruan tinggi komputer terbaik di asia tenggara, dan motto “unggul dalam trend tekhnologi” ini selalu berada di garis terdepan dalam hal pengetahuan tekhnologi serta pemafaatannya di dunia pekerjaan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa perguruan tinggi komputer ini adalah perguruan tinggi komputer swasta favorit untuk para mahasiswa barunya, bahkan ada sekitar 5000 mahasiswa baru yang mendaftar dan hanya sekitar 1500 mahasiswa baru yang diterima.

Seolah STMIK Amikom Yogyakarta menjawab apa yang dikeluhkan oleh dunia kerja akan kebutuhan mereka akan tenaga kerja yang menguasai teknologi, bahkan tahu pemanfaatannya untuk mempermudah semua pekerjaan sehari-hari. Dan tidak hanya sumber tenaga kerja dengan kecakapan teknologi lah yang di bentuk oleh Amikom Yogyakarta, bahkan Amikom Yogyakarta juga mengajarkan tentang Profesionalitas kerja dengan mewajibkan mahasiswa-mahasiswi nya menggunakan dasi di setiap perkuliahan. Penggunaan dasi ini ditujukan untuk membangun jiwa professional dari penampilan.


 
Tidak hanya professional di penampilan saja yang dididik oleh Amikom Yogyakarta, pembangunan karakter professional mahasiswa juga diterapkan, bahkan sejak awal para mahasiswa masuk perkuliahan, dengan mata kuliah “Etika Profesi” atau lebih dikenal dengan PSU (Pelatihan Super Unggul) akan membangun mental professional para mahasiswa sejak awal, bahkan sebelum ospek dilaksanakan.

Dengan semua yang telah di kembangkan oleh STMIK Amikom Yogyakarta untuk tujuan memcetak peserta didik yang berkemampuan teknologi serta berjiwa Profesional, adalah factor utama yang membuat Amikom mendapat banyak penghargaan bukan hanya dari dalam negri, bahkan dunia internasional juga mengakui kehebatan sistem pendidikan Amikom ini. Tercatat sudah 14 International Award yang telah berhasil didapat oleh STMIK Amikom Yogyakarta, dan akan terus bertambah sesuai dengan prestasi yang akan ditunjukkan oleh mahasiswa STMIK Amikom sendiri. 
 
 
 
 
*nb: Artikel ini buatan saya sendiri, saya juga mengirimkannya sebagai salah satu syarat pendaftaran Public Releationship STMIK Amikom Yogyakarta. semoga saya diterima, Amin :D

5 comments:

  1. gw dapet info dari internet
    katanya tahun 2014 nanti
    STMIK AMIKOM di ubah
    statusnya jadi
    UNIVERSITAS. jadi UAY.
    bener ga tuh??
    mahasiswa baru hehe :D

    ReplyDelete
  2. STIMIK AMIKOM memang mantap

    ReplyDelete
  3. STIMIK AMIKOM memang mantap

    ReplyDelete