Friday, December 14, 2012

Rule Of The Game To Be A Leader

Pemimpin, adalah seseorang yang mempunyai tanggung jawab besar akan apa yang dia pimpin, Tokoh utama dari sebuah organisasi, dan seorang Jack Sparrow dari sebuah Black Pearl.

Menjadi pemimpin itu bukan menjadi orang yang selalu membentak, bukan menjadi orang yang selalu keras, dan orang yang selalu sempurna. Pemimpin adalah jiwa yang dilahirkan, namun banyak juga jiwa pemimpin ada karena dibentuk.

Menjadi seorang pemimpin bukan harus seorang yang besar, berbadan besar, berwajah rupawan, ataupun bernada suara yang tinggi, itu hanya faktor pendukung, menjadi pemimpin butuh lebih dari itu.

Ada beberapa kode etik untuk menjadikan seseorang pantas disebut pemimpin, pantas dibanggakan oleh anggotanya sebagai pemimpin mereka, dan pantas mendapat perlindungan dari para bawahannya.


Kami bergerak sesuai perintah dan komando anda, Jendral.

Pemimpin bertanggung jawab atas
tujuan dari apa yang dia pimpin, semua anggotanya, adalah roda dari organisasi ini, dan pemimpinlah seorang pengendalinya, semua perintah dari pemimpin, adalah kewajiban dari bawahan untuk mengerjakannya, tidak ada bawahan yang boleh menolak apa perintah pimpinan, dan tidak ada bawahan yang boleh bergerak sebelum ada perintah. Karena inilah, perintah-perintah seorang pemimpin haruslah sesuai dengan apa yang menjadi tujuan organisasi dan membawa kenyamanan bagi seluruh anggotanya.

Senyum tuan adalah semangat kami

Dapat memotivasi dengan baik, adalah sebuah keahlian dari seorang pemimpin berjiwa leadership dibanding dengan pemimpin abal-abal, dar mana para anggotanya bisa mengerjakan pekerjaan dengan maksimal, tanpa adanya semangat, dan semangat terbesar adalah dari sang pemimpin mereka. Sebuah penghargaan, sekecil apapun penghargaan itu, adalah sebuah hal terbesar dan paling berharga atas pekerjaan yang mereka kerjakan. Sebuah senyuman, diikuti kata terimakasih, lebih penting dari pada nominal uang.

Kebijaksanaan adalah anda, komandan

Terkadang ada saatnya kondisi yang mendesak lebih di prioritaskan dari pada kondisi yang penting, disinilah kebijaksanaan dari Seorang pemimpin bermain, kebijaksanaan akan menjadi titik kunci dari penghargaan para bawahannya, apakah kebijaksanaan yang diambil tepat pada situasinya, dan kebijaksanaan ini berdampak besar bagi arah kapal yang dia komandoi.

Tuan selalu terlihat bersemangat, itulah semangat kami 

Pemimpin yang selalu terlihat semangat, mengisyaratkan sebuah jaminan bahwa apa yang mereka cita-citakan, apa yang mereka inginkan pasti akan terwujud. Penampilan ini akan membangkitkan optimisme bagi para anggota nya, dan optimisme ini adalah angin kencang yang meniup layar utama dari sang kapal.

Kita terdesak, bagaimana selanjutnya Jendral?

"Tidak tahu" adalah sebuah kata yang Haram bagi seorang pemimpin, semua hal di atas, akan lenyap begitu saja saat yang seorang pemimpin menyatakan tidak tahu akan pertanyaan bawahan, ini adalah semacam pukulan telak untuk deck kapal yang sedang terserang badai, sekali seorang pemimpin mengatakannya, niscaya, para awak lebih bersedia terjun ke laut dari pada melindungi pemimpinnya.





Saya pernah menjadi pemimpin, dan lebih sering menjadi bawahan, semua pendapat saya diatas, saya dapat dari bagaimana perilaku pemimpin saya sebelumnya, beliau adalah orang yang sampai saat ini saya kagumi, dan orang yang sempurna saat memimpin ku.

Suatu saat ketika menjadi Pemimpin, aku berharap aku ingat dengan semua ilmu kepemimpinan yang beiau ajarkan padaku, dan aku harap, bisa membawa black pearl menuju one piece............................

0 comments:

Post a Comment